Review LANGIT MUSIK (Aplikasi Streaming Musik yang Irit Kuota)

Sebagai orang yang menghabiskan hampir sepertiga harinya mendengarkan atau menyanyikan musik (walopun di kamar mandi :p), gue cukup excited untuk menjajal aplikasi music streaming yang baru gue tau dari email Jalan Tikus, yaitu LANGIT MUSIK! Segera gue meluncur ke Google Play Store untuk download aplikasi ini.

Seperti biasa, di setiap review i'm gonna make it simple with KELEBIHAN dan KEKURANGANNYA. So here we go!

KELEBIHAN Langit Musik App:



1. RAMAH MEMORY
Thankfully, size apps-nya di Google Play cuma 9 MB-an, as you can see. Ini tuh jaaauh lebih kecil dibanding size aplikasi streaming musik lain yang bisa sampe 30an MB. Jadi app ini lebih ramah memory :D



2. VERY EASY SIGN-UP 
Nah, ketika buka aplikasinya gue cuma tinggal sign up alias daftar dengan nomor telepon, which is menurut gue lebih simpel daripada harus login lewat email, terus gue mesti buka apps email lagi buat verifikasi. Setelah daftar, udah deh tinggal menjelajah cari musik yang kita suka..

3. TAMPILAN USER FRIENDLY
Secara tampilan Langit Musik user friendly ya. Gampang untuk lihat di mana tombol play, navigasi menunya, kolom search, daftar playlist yang oke langsung dijejerin ketika kita buka aplikasinya, bahkan ada lagu2 yang dilist per MOOD sodara2.. Keren ya?





Ada satu playlist yang gue rada "waw" gitu sih pas liatnya, yaitu playlist/tag station "lagu lagu untuk perempuan yang lagi siap2 pergi". Waaah, ini exactly what i need when i dress up banget sih.. Wkwk tau aja apa yang wanita butuh.








4. TAMPILAN LAGU YANG SEDANG DIPLAY CATCHY!
Nah kalo gue lagi coba nge-play lagu, muncul buletan gambar album/artist-nya itu. Tampilan kayak gini mirip sih sebenernya sama aplikasi sebelah yang warna ijo itu. Tapi yang ngebedain, di Langit Musik, ada titik2 di sebelah gambarnya, dan itu gaampang banget di-touch untuk cepetin musiknya, atau mindahin ke durasi musik yang kita mau. Sejujurnya gue ketika nyoba di aplikasi sebelah, itu susah banget untuk mindah-mindahin durasinya.

And look at that... catchy2 kece kan tampilannya?





5. ADA TOP HITS PER CITY
Ini kerennn sih.. karena setahu gue di apps lain belum ada. Jadi, secara gue orangnya sangat kepo dan suka banget sama data karena somehow itu membuat gue merasa lebih pintar, nah fitur POPULER yang nampilin top hits per daerah ini oke banget. Jadi bisa ketauan kalo di Jawa pada suka denger lagu apa, di Maluku suka denger apa, di Sumatera apa, di ujung Papua juga pada suka denger lagu apa.





6. SANGAT KARAOKE-FRIENDLY. YES, ADA LIRIKNYA!
Nah ini cucok banget buat gue yang suka karokean sambil dengerin lagu. Jadi liriknya tuh akan muncul di bawah gambar lagunya, tapi kita bisa klik di bagian lirik kalau mau liat liriknya full.
Gak sampe situ aja, kerennya, kita bisa fast forward lagu dengan cara scroll ke bagian lirik yang mau kita dengerin! Gokil sih ini. Baru pertama kali gue bisa fast forward lagu dari liriknya. Musiknya hidup kamu banget lah!





7. LAGU JADUL, KEKINIAN, DALAM DAN LUAR NEGERI ADA!
Meskipun hampir semua genre dan asal lagu ada, tapi tetap lebih banyak lagu Indonesianya.. Bagus yaa, biar kita lebih kenal dan cinta sama karya musisi dalam negeri.


 8. BISA DI PLAY dan PAUSE PAKE HEADSET
Nah ini exactly fit with me banget sih. Secara akoh kan anak motor (sok rider loh! padahal emak2 matic! hahhaa). Enggak, asli, tiap pergi dan pulang kantor kan gue selalu pake headset buat denger lagu ya. Nah pas gue dengerin Langit Musik, dengan klik tombol (volume up & down, play/pause) di headsetnya, lagu di Langit Musik ikut berenti juga! Gue pake Samsung A5 2017, dan sepengalaman gue pake apps streaming musik yang lain, tombol headset ini tuh ga working buat play & pause, tapi buat volume bisa. Nah di Langit Musik ini bisa semua gaaan! Diplay/pause juga! Jadi kalo di jalan lagi denger adzan, kan bisa di-pause dulu tuh musiknya, tanpa harus melipir berenti dan buka hp lagi.


9. ADA VIDEO CLIP dan INFO MUSIK MENARIK
Ternyata Langit Musik isinya ga cuma musik, ada video juga! Video clip beberapa musisi yang nge-hits, dan beberapa video informasi soal musik gitu, cukup menarik untuk ditonton. Kayak misalnya video yang satu ini: LAMAR DENGAN MUSIK. Coba deh download apps-nya kalo kepo soal video2 menarik lainnya Langit Musik!





10. AMAT SANGAT IRIT KUOTA!
Nah ini yang gue suka banget, streaming di Langit Musik itu sangat amat irit kuota. Kayaknya size musiknya pun ga gede2 banget, jadi ga ada buffering, gue dengerin dengan sinyal 4G cuma 2 bar pun ga ngadat, lancar.. Jadi terbukti banget sih tagline-nya, bahwa di Langit Musik kita bisa Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota.

Kemarin gue coba juga untuk tes seberapa besar Langit Musik makan kuota internet gue. Gue coba dengerin musik nonstop dari jam 3 sore sampai jam 4 sore..Hasilnya begini...


Ini jam 3.11 sore yaaa (lagi streaming, bs diliat icon Langit Musiknya di sudut kiri atas)
Nah ini jam 4, setelah hampir 1 jam streaming 


HASILNYA: GA ADA PERBEDAAN GENGS! 
WHICH MEANS, KUOTA GUE BERASA GAK BERKURANG waaaaawww!!
Aplikasi ini sangat rekomen untuk di-download sih karena irit banget!



11. UNTUK LANGGANAN PREMIUM, BIAYA CUKUP MURAH!
Kalau gue bandingin, Langit Musik ini cenderung murah sih untuk biaya langganan musik2 premiumnya, dibanding aplikasi2 serupa. Untuk langganan seminggu, cuma Rp 16.500 dan langganan sebulan tentunya lebih murah Rp 55.000.




Berati gak cuma Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Kuota, tapi di Langit Musik, Streaming Jutaan Lagu Ga Ngabisin Pulsa juga. Hehheee..


Itu tadi beberapa kelebihan dari apps Langit Musik. Sekarang gue akan bahas KEKURANGANNYA, nah ini jadi kritik & saran juga siapa tau Langit Musik mau denger gue yang hanya remah remah chiki ini. (Ehehee..)


KEKURANGAN/MASUKAN untuk Langit Musik App:


1. LIST MUSIK MASIH KURANG BANYAK
Jadi gue coba nyari musisi indie favorit gue, Efek Rumah Kaca, hasilnya zero. Yaa, mungkin karena mereka masih kurang tenar, jadi make sense sih belum ada di Langit Musik. But then, i tried searching Payung Teduh yang udah lumayan tenar, tapi sayang cuma muncul 1 lagunya yang paling tenar sejagad yaitu "Akad". Udah itu aja :(





2. CARA PLAY PERLU DIIMPROVISASI
Kalau gue coba cari "Maliq and The Essentials", nah kan keluar tuh artist, album dan lagunya. Tapi gue sebenernya pengen lihat dan nge-play semua lagu Maliq, cuma gue ga nemu sih gimana caranya. Jadi kudu dicari satu-satu lagu yang gue mau di masing-masing albumnya.

Update November 2017: Sudah bisa lihat all song about the artist. Jadi bisa ngeplay semua lagu dari artis tersebut. Yaay!

Tinggal klik "show all" 



3. BANYAK LAGU BELUM ADA LIRIKNYA
Alhamdulillah sih apps ini udah ngasih lirik, tapi di banyak lagu gue temukan belum ada liriknya.. Jadi nda bisa karoke.. hehee.. Semoga makin hari makin banyak diupdate liriknya..


ga ada liriknya :(

ini juga ga ada liriknya :(


4. NGGAK KELIATAN MANA LAGU PREMIUM MANA YANG FREE
Menurut gue akan lebih mudah kalau lagu2 yang premium dikasih tanda untuk membedakan dengan lagu2 yang free. Karena selama gue pake, semua lagu tuh harus diklik dulu untuk tahu itu premium atau ngga.


lagu free atau premium tampilannya sama


Nah, update di November, sudah ada perbedaan antara lagi premium dan non-premium.

Sudah ada ikon premium-nya. Yaaay!

So, case closed untuk poin ini :)


5. PEMBAYARAN PREMIUM HANYA UNTUK OPERATOR TERTENTU
Untuk pembayaran premium ternyata cuma beberapa operator (Indosat, Telkomsel dan Bolt) yang bisa..




6. TOP HITS PER CITY SERAGAM
Nah kalo gue perhatiin, lagu yang paling populer di semua daerah tuh hampir sama, entah karena datanya ga update, atau memang kenyataanya seperti itu yaa? Heheee..


Mayoritas hanya dua lagu ini yang jadi hits di semua daerah


Oke, sekian dulu review aplikasi streaming musik buatan dalam negeri LANGIT MUSIK! Semoga membantu yaa infonya, dan kalau mau download di Google Play bisa klik link ini. Dan semoga gue bisa menang kompetisi blognya yang bisa dilihat di Jalan Tikus. Hihihii

Salam,
Ais.

Komentar

  1. Aplikasi langit musik super duper irit kuota dan bahkan gak makan kuota sama sekali ya bro

    BalasHapus
  2. Ini review langit musik lengkap beneerrr..

    BalasHapus

Posting Komentar