Peralatan MPASI Bayi (yang PERLU dan TIDAK PERLU)





Hai. Waktu saya nulis postingan ini, baby Khanza sudah hampir setahun. Jadi kurang lebih sudah 6 bulan saya dan Khanza menjalani "nikmatnya" ber-MPASI ria.

Mulai dari ibu yang harus bangun lebih pagi buat nyiapin MPASI homemade, uang yang semakin sering keluar dompet, dan tingkat kesabaran yang harus dikalikan 100 kalo bayi mulai ngelepeh dan nangis gak mau makan masakan kita :( 

Huhuuu. Tapi ada saatnya kesedihan itu buyar kalau si baby sehat dan makan telap telep nyam nyam sambil senyam senyum bahagia di kursi makannya.

Oke, tanpa berbasa-basi ria, saya rangkum beberapa peralatan MPASI Khanza yang perlu dan tidak perlu, yang berguna bagi dia dan kurang berguna. Saya tulis ini karena sebelum MPASI pikiran saya udah pingin beli macem2 barang peralatan MPASI, tapi ternyata gak butuh karena bisa diganti dengan peralatan yang udah ada di rumah
.
NOTE: barang2 yang berguna untuk baby saya mungkin beda dengan baby yang lain. Ini masalah selera dan kebiasaan keluarga dan tentunya budget. Jadi keep calm, peace love and gawl ya kalau list saya berbeda dengan list ibu2 lain.. Semoga ini membantu:


YANG PERLU/TERPAKAI:



1. High Chair/Booster Chair


Saya akhirnya beli: high chair/kursi tinggi merk INFORMA. Beli di Informa langsung dengan harga Rp 219.000. Ada dua warna, putih sama biru muda.

Kenapa?:
- Saya beli ini karena keluarga (terutama saya) kebiasaannya makan di meja, bukan di kursi sambil nonton, bukan juga lesehan. Makannya saya milih high chair supaya bayiku terbiasa untuk makan bareng di meja nantinya
- Saya pingin baby K terbiasa makan tanpa jalan2 atau digendong2
- Saya nyuapinnya lebih gampang karena sejajar, tinggal kita duduk di kursi di depannya
- Latihan buat BLW nampaknya lebih mudah pake high chair yang ada meja/tray nya
- Lumayan murah (hehhee) dibanding merk lainnya kayak Cocolatte dll gitu
- Tray/mejanya GAMPANG BANGET dibersihin dan dilepas-pasang

Btw di saat Khanza 9,5 bulan, dia udah bisa berdiri2 sendiri di high chairnya tanpa bantuan, NGERIK juga yaaa.. Makannya sejak 9.5 bulan itu saya mulai pakein dia seat belt high chairnya. Hehhee




Tinggal lepas meja, cuci di wastafel, pasang lagi

Mejanya saya copot kalau dia makan semeja sama saya





Saya sempet nyari high chair lain, yaitu merk IKEA, karena lebih murah sedikit, cuma Rp 199 ribu. Tapi pas cek ke IKEA, ternyata meja/tray nya ga bisa dilepas pasang semudah itu, harus pake mur dan obeng. Repot kan yaah? Juga ga jadi beli booster seat, biar pas Khanza makan, bisa sejajar sama ibuknya. Hehee.. Ini yang punya IKEA:

Rp 199 ribu, tapi mejanya ga bisa dilepas pasang


Ohya, ini booster seat, teman2 saya milih pake ini untuk MPASI karena gampang dibawa kemana2, terutama kalau lagi ke rumah mbah.








2. Set Peralatan Makan 

Ibuk2 pasti banyak yang dapet kado peralatan makan? Saya juga, tapi saya cuma buka dua. Yang pertama, Pigeon Feeding Set. Ini udah lengkap banget menurutku. Gelasnya pun hard spout (lebih direkomendasikan) daripada yang soft spout.

Tapi menurutku sih, wadah makan itu BISA APA AJA. Mangkok plastik/beling yang kita pake sehari2 juga bisa. Tapi yang penting SENDOK MAKAN BAYI-nya. Karena saya dari awal pake sendok teh biasa yang alumunium, bayi saya oke2 aja sih, walaupun cuma bisa makan ujungnya doang. Nampaknya pas ganti ke sendok bayi Pigeon yang putih dan sendok yang oranye di bawah ini, dia lebih nyaman dan lahap.


salah satu sendok favorit Khanza

Sendoknya favorit bayiku



Tapi seiring berjalan waktu dan anak semakin pinter.. Saya jadinya beli SUCTION BOWL alias mangkuk yang bisa nempel ke meja. Buat si baby latihan makan sendiri tanpa drama mangkok jatuh (apalagi pecah) seperti yang sudah biasa dialami saya dan Khanza -_-



Nah akhirnya saya beli yang ini: NUBY SUCTION BOWL (tapi kubeli yang warna ijo)
Ini dia.. Reviewnya: cukup nempel dengan kuat di meja plastik. Tapi lebih kuat di meja kaca.




Nah kalo ini bukan suction, tapi plate ini sering dipake bayi2 yang BLW.. 


3. Hand Blender/Blender

Saya pinjem foto dari online shop ya. Nah ini mata pisaunya cuma satu macem aja.

Saya punya blender biasa, dan cukup sering dipake untuk blender buah, bikin jus, dan makanan Khanza. Tapi entah mengapa saya beli hand blender karena pingin hancurin makanan sesuai selera saya, biar ada teksturnya gitu, ga lembut2 amat. Tapi hand blender LITTLE GIANT yang saya beli dengan harga Rp 170 ribu ini, cuma punya mata pisau 1 jenis, jadi kalau ada potongan sayuran kecil yang ga kesentuh pisaunya, ya gak kepotong2. Akhirnya jadinya masih nyisa tuh potongan wortel bulet di hasil blenderan saya. Dan ini gampang rusak. Hehehe sorry not so recomended lah.




4. Parutan keju dan Pengupas kentang

Karena pengupas kentang dan parutan keju adalah hal wajib yang dimiliki tiap dapur rumah tangga. Hehee.. Tapi serius kepake banget buat ngupas sayuran dan buah, sama marut keju atau salmon beku, atau sayuran yang mau dibikin kecil2 biar ga usah diblender (pas anak udah bisa tekstur kasar, kalo khanza, sejak dia 11 bulan)





5. Bib/Slayer/Celemek

Tentunya pakai ini biar baju ga harus ganti abis makan. Walaupun pas awal2 MPASI anak saya belepotannya ga cuma di dada, tapi dari ujung kaki sampe kepala (beneran). Percayalah bahwa makanan yang lembut yang disebut puree itu sering disembur2 sama bayi yang baru mulai makan.. 
Tapi pas mulai 9 bulan gigi bayiku udah tumbuh, dia makan udah nyaman dan lahap, jadi ga terlalu belepotan lagi, ga perlu ganti baju tiap abis makan.

Saya beli Tomme Tippee Explora Roll n Go Bib (Rp 70 ribu). Karena bahannya silicon, gampang dibersihin dan keringnya, ada kantong di bawahnya jadi makanan ga jatuh ke bajunya, dan gampang dibawa kemana2.






6. Cetakan Es

Ini saya nyari di Carefour ada sekitar Rp 25 ribu. Beli online juga merk Richell (Rp 38 ribu) tapi yang Richell ini tipis.
Jadi MPASI yang udah kita bikin itu ternyata boleh loh dibekuin kayak asip. Pas buat kita kalau jadwal lagi padet. Saya awalnya pingin gitu, tapi ternyata ga sering kepake, karena ntah mengapa saya rada ga tega ngasih makan baby pake makanan kemaren yg diangetin. Saya kadang juga pake buat nyimpen sayuran beku yang udah diblender. (Mohon jangan ditiru, sayuran kan ga baek disimpen2 malih...). Jadi pas masak tinggal rebus nasi, daging/ayam/ceker, tahu, dan tambahin sayuran beku.


Ini yang merk Richell




7. Sabun Pencuci yang Food Grade

Saya pakai Sleek yang bening untuk cuci botol anak itu. Tapi kalau lagi kere saya pake Sunlight extra nature, walaupun itu belum food grade :( Ini buat bersihin meja high chairnya sehabis makan. Dan peralatan makannya Khanza tentu saja..

tapi Sunlight ini ga foodgrade


8. Mainan

Di beberapa bulan pertama mpasi, anak saya gamau diem aja di kursi. Bosen. Harus megang sesuatu biar mau buka mulut. Mainannya ga perlu yang fancy ratusan ribu kok (karena entar kotor2 juga kena makanan). Saya pakai jajanan mie kremes yang ada bunyi krecek2 (RP 500), atau mainan bebek2an yang kecil (Rp 30 ribu/1 set), atau ayam2an (Rp 10 ribu) buat jalan di meja dia. Memasuki 9 bulan Khanza mulai suka buang2in mainan (kayaknya pingin denger bunyi jatohnya), jadi saya ga kasih mainan  yang fancy2. Hehhee

ini cukup lama ampuh buat khanza pegang2.. 

Nah kalo ini kita kudu PR muter2 pegasnya hehee

9. Tisu basah dan tisu kering

Wah ini mah wajib punya kayaknya yah kalo udah punya anak hehhee. Saya pakai tisu basah karena anak saya hampir selalu berantakan pas makan (makanan dia lepeh dan ambil lagi) dan abis itu dia ngucek2 mata bahkan garuk2 kepala dengan tangannya yang belepotan itu.. Jadi bersihinnya pake tisu basah paling gampang. Dan mendingan cepet dibersihin, daripada keburu mengeras dan lebih susah bersihinnya di muka dan di meja.


10. Panci (anti lengket)
Sebelum Khanza 1 tahun, saya memasak hanya dua cara: merebus dan kukus. Dah itu aja, ga pake slowcooker yang harus bangun buat makanan dari pagi buta atau dari malemnya. Saya pikir dengan direbus (dibikin kayak bubur) lebih praktis dan cepat, hasilnya juga sesuai yang bayi saya butuhin.
Saya biasa merebus bubur bayi pakai panci biasa, dan mengukus apel dan pir pake panci kukusan. Somehow apel dan pir jadi awet kalo dikukus (dan enak!) bisa disimpen di kulkas 3 hari juga. Dan karena jadi lembek, apelnya bs buat BLW.




Tapi setelah Khanza 1 tahun, saya lebih sering bikin sop, soto, dll (karena Khanza sukanya yang kuah-kuah). Jadi saya beli panci anti lengket. Ini penting banget, anti lengket. Karena kan awal bikin sop, ditumis dulu ya bumbunya. Apalagi porsi makan anak bayi biasanya masaknya ga banyak, jadi kalau pancinya ga anti lengket, dan yang ditumis dikit, malah gosong bagian atas pancinya (yang ga kena minyak). Jadi akhirnya kumemutuskan beli panci anti lengket yang sangat enak buat masak #norak #ibubaru #barubelajarmasak :)


Hasil gambar untuk panci maxim anti lengket
Saya beli panci anti lengketnya Maxim Venice di Jd.Id (biar ori) wakakakaa


11. Rak piring dan botol
Kayaknya saya telat sih beli ini. Harusnya sejak punya anak aja belinya, eh malah beli pas Khanza udah satu tahun (sangat kurang update di bidangnya) Hahahaa.. Karena ini bisa buat simpan botol pompa ASI, botol kaca ASI, sendok makan, dot, dan piring makannya Khanza. Saya beli di ACE Hardware sekitar Rp 150 ribu. Milih yang ini karena ada tutupnya, dan bawahnya juga ada corong buat ngalirin air yang netes2 dari dalam rak. Tapi meski terlihat lebih higienis dengan rak tertutup kayak gini, ada baiknya barang yang mau disimpan di dalem rak, harus tetap dikeringin. Soalnya kalau masih basah udah dimasukkin jadi lembab buangettt. Bisa kali sampe seminggu itu botol susu tetap basah di dalam rak. Karena pengap gitu ga kena angin di dalem. Sementara kita tahu bahwa yang lembab2 biasanya bikin kuman dan bakteri tumbuh subur. Huhuu..





Ini dia corong air di bagian bawah rak




YANG SAYA BELI TAPI JARANG KEPAKE

12. Sippy cup (lebih sering pakai cupfeeder/gelas beling biasa)

Jadi anak saya kalau siang minum pakai dot, pas saya tinggal kerja (iya maaf buat yang ga setuju :D)
Nah saya pingin dia belajar minum pakai gelas, walaupun selalu saya yang akhirnya pegangin gelasnya dan dia cuma tinggal nyedot. Btw sippy cup Dr Brown (Rp  110 ribu) ini saya pilih karena dia kalau dibalik, ga tumpah. Air baru bisa keluar pas anak nyedot (jadi mirip dot pigeon peristaltic ya). Dan ada tutupnya, jadi cocok dibawa2. Tapi saya make ini ga sering, malah lebih seirng pake cupfeeder/gelas biasa buat mimik air putih pas makan. Hehhee



13. Fresh Food Feeder

Atau bahasa indonesianya mah alat berbentuk jaring buat anak ngenyot sari2 buah pas belum punya gigi. Gitu kira2. Harganya sekitar 50 ribuan.
Asli ga kepake sama Khanza. Cuma nyoba sekali, tapi ga dipakai dengan benar. Karena Khanza prefer megang dan ngunyah makanan langsung, meski belum punya gigi. Sekalian latian BLW biar mandiri.






YANG TIDAK SAYA BUTUHKAN dan yang gajadi dibeli ehehee
(ini buat saya ya, kalau mommy butuh ya nda apa, beli aja :D)

1. Slow cooker

Maafkan ya Khanza ibu males masak lama2 pake slow cooker. Ibu ngerebus makanan biar jadi bubur aja, kalo tekstur pingin kasar ya nasinya yang udah direbus ga diblender..





2. Food grinder

Hampir beli, buat ngalusin makanan, tapi baca2 review katanya berat pas makenya. Jadi saya akhirnya pake cara diblender/hand blender aja..


yang merk Munchkin iniharganya 210 ribu ehehheee untung gajadi beli




3. Penghalus Makanan (Mash n Feed)

Gajadi beli.. Karena nampaknya bisa pake barang2 yang ada di dapur deh ehehee.. dengan harga 130 ribu, lebih baik akoh beli lipstick BLP (lahhhh)



Ini penghalus makanan yang merk Nuby





4. Rak Piring dan Rak Botol (Steril?) 

Sebagai ibu yang pingin terbaik untuk anaknya, pasti mommy pengen punya rak piring sterilizer ini deh.. Panasonic Dsterile! Soalnya di deskripsinya, produk ini "pemanasannya s/d 70°C dapat melumpuhkan bakteri E-COLI penyebab penyakit diare, kolera, demam tifoid dan hepatitis A serta STAPHYLO COCCUS AUREUS penyebab keracunan makanan dan infeksi kulit sehingga dapat mensterilkan peralatan makan dengan baik." Waw. Menggiurkan bukan?






Tapi harganya sekitar Rp 700 ribu. Jadi, sebagai ibu yang sederhana (bahasa halusnya kere wkwk) saya beli rak piring biasa aja yang ada tutupnya (rak di atas yang beli di Ace Hardware).

Nah, selain itu ada juga drying rack yang ada tutupnya merk Baby Safe, fotonya di bawah ini . Tapi ini sih cuma bisa buat botol2 aja. Saya liatnya di Maxlyn Baby Store Rp 155 ribu. Gak kubeli lah..




--

Sip. Kayaknya segitu aja review saya mengenai peralatan MPASI bayi yang perlu dibeli atau ngga. Semoga bahagia selalu, momies<3 p="">
With love,
Aisson

You can contact me through: aisyah.khairun@gmail.com or instagram @aiskhairun. Yes, i do checking instagram like every single hour of my live. Hahhaaa lebay ye?

Komentar

  1. Makasih bunda, sangat membantu buat saya yang baru pertama kali punya baby 😀

    BalasHapus
  2. Makasihh sgt membantu sy jg... untng nemu artikel nii

    BalasHapus
  3. terimakasih.sangat membantu yg baru mulai mpasi :)

    BalasHapus
  4. Makasih mom... aku bingung krn baby ku mau mulai mpasi juga.. jd tau mana yg sebenernya butuh atau kurang butuh hehee thanks

    BalasHapus
  5. Makasih mom.. aku emg lg bingung untk mmpersiapkan MPASI. Liat ibu2 ko kayanya bnyk bgd yg hrs disiapin. Pas baca artikel ini trnyata ga serempong itu.hhe

    BalasHapus
  6. Terimakasih bunda. Artikelnya sangat membantu persiapan mpasi baby Zahira bulan depan.

    BalasHapus
  7. Terimakasih tulisannya sangat bermanfaat, rasional dan menghibur wahaha mbaknya kocak. Saya jadi tahu barang yang beneran perlu dan bisa disubstitusi dengan lipstik BLP (eh). Salam kenal mbaak :D

    BalasHapus
  8. Makasih review nya, sangat membantu saya

    BalasHapus
  9. Sangat membantu syuka pokokny

    BalasHapus
  10. tq mom info nya.. sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. terimakasih, sangat membantu😊😊

    BalasHapus
  12. Terimakasih sangat membantu menurunkan hasrat untuk membeli barang" yg kurang berguna buat MPASI anak saya.. 🤗

    BalasHapus

Posting Komentar