Surat Keterangan Sehat & Bebas Narkoba di RSUD Tangsel

Udah cukup lama ga lamar2 kerjaan lagi, dan untuk pertama kalinya mari kita nyoba lamar kerja ke instansi pemerintahan. Di antara syarat yang dibutuhin (biasanya):
- Surat keterangan sehat dari dokter
- Tes bebas narkoba dari Badan Narkotika Nasional/Daerah atau RS pemerintah

Kalo surat keterangan sehat dari dokter sebenernya bisa didapet dari dokter umum di puskesmas. Lebih murah. Lakik ai bikin surat sehat di puskesmas Tapos, Depok bayarnya cuma Rp 12 ribu.
Gue awalnya pengen bikin surat sehatnya di Puskesmas Pamulang, tes bebas narkobanya baru di RSUD Tangsel. Toh keduanya gak begitu jauh. Tapi ya gimana ya. Dateng ke puskesmas jam 08.15 aja udah dapet nomor 44 di poli umum. Sementara yang dipanggil baru nomor 7. Itupun cukup lama panggilan per nomernya.

Oke, daripada gue nunggu kelamaan, cus ke RSUD dulu lah ambil antrean atau kalo sempet langsung ambil sampel urin sekalian. Pikir gue gitu. Btw pas di puskesmas pasti ditanyain KTP asli, jd jangan lupa bawa ya..

Dan gue tinggal lah antrean panjang di puskesmas. Taunya pas dateng ke RSUD, antrean pendaftarannya lebih parrrraah 

Ini kedua kalinya urus surat keterangan sehat dan bebas narkoba di RSUD Tangerang Selatan (Tangsel). Yang pertama 2013 lalu. Saat harga tes narkoba masih Rp 150 ribu, surat sehat dari dokter Rp 15 ribu. Dan yang paling gue inget dulu ga begitu ngantri kek begini...huhuhuu



1. DAFTAR
Jadi gue sampe RSUD jam 09.00 pagi, ambil nomor untuk pendaftaran pasien lama, dapetnya udah antrean nomor 130.

Waktu itu di loket pendaftaran, untuk pasien lama baru sampe nomor 70. Yang pasien baru, nomor 32. Dan dipanggilnya kalo gue itung2 rada lama. Sekitar 3-5 menit jeda.


Ini tempat pendaftaran difoto sekitar jam 1 siang.. Udah rada sepi

Btw pengambilan nomor antrian di RSUD Tangsel dibuka:
Senin - Kamis: 07.00 - 11.00
Jumat: 07.00 - 10.00
(Lebih dari itu BYE, petugas ninggalin mesin cetak nomor antriannya)
Loket nomor antrian ada di samping pintu masuk utama.

Terus... gue pulang dulu karena pas nunggu cuma bawa hp doang. Bosyen. Mending di rumah main sama bayik. Heheu

Dan gue balik lagi 2 jam setelahnya. Taunya nomer antrian pasien lama udah 160 
Gue dateng jam 11.10, nomer udah kelewat jauh...
"Mbak maaf saya kelewat, gimana ya," kata gue ke mbak pendaftaran di loket 4 & 5 (loket utk pasien lama) (pasien baru di loket 1 & 2).
"Coba ke loket sebelah aja ya yg kosong," kata mbaknya yang keliatannya lagi pusing bgt.
Terus gue geser ke sebelah, loket 7 yg lagi kosong.
"Mba maaf kelewat gimana ya. Saya cuma mau MCU sama tes bebas narkoba"
"Oh itu di loket 4 atau 5 ya nanti'"
"Katanya boleh ke sini mba?"
"Oh, pasien lama ya? Yaudah sini"

Alhamdulillah mbaknya baeee.. tetep diproses tanpa harus nunggu lama. Huhuu maaf ya rada nyelak antrean yg lagi nunggu..



2. BAYAR MEDICAL CHECK UP
Pendaftaran udah, kartu rumah sakit kita dibalikin, dan kita diminta ke kasir tanpa bawa apa2. Di kasir cuma serahin kartu RS aja. Bayar Rp 35.000 untuk surat keterangan sehat dari MCU (Medical Check Up). Oiya di kasir cuma terima TUNAI. Ada sih ATM Center. Tapi isinya cuma BTN sama BJB. Oke bayar udah..

3. DICEK DOKTER
Cus. Lanjut naik ke lantai 4. Ada lift kok. Tapi cuma satu buat umum. Satu lagi buat pasien (lift gede gitu yg muat kasur dorong).

Ruang dokter untuk Medical Check Up (MCU), nanti ngambil hasilnya di sini juga..


Di lantai 4 gak begitu ngantri. Ketok2 ruang MCU nya, nanti ada perawat yang nerima kuitansi kita. Dua juga akan minta fotokopi KTP. Abis ngasih, tunggu dipanggil. Gak lama kok.
Di dalam dicek berat & tinggi badan. Tensi yg pake mesin otomatis sekali pencet itu, sama cek buta warna, ditanya buat apa suratnya, riwayat penyakit, kacamata minus berapa, udah merit belom, anak berapa. Anehnya tensi gue kok tinggi ya. Padahal ga pernah ada riwayat pas cek tensi, hasilnya tinggi. Kalo ga normal, pasti rada rendah. Udah coba lengan kiri kanan hasilnya sama aja.
"Kamu abis naik tangga ya ke sininya? Bukan naik lift?"
"Naik lift kok dok"
Tapi emg gue merasa rada capek sih karena gercep pengen buru2 pulang. Kepikiran anak bayiikkk 
"Oh yaudah gpp.. aman kok," kata bu dokter.



4. KE LABORATORIUM
Selesai periksa yg cuma 4 menitan, langsung dikasih form cek lab di lantai 5 utk cek urin. Sampe di lantai 5, ngasih formnya dan fotokopi KTP lagi.

5. BAYAR TES URIN
Abis itu diminta turun ke lantai 1 lagi untuk ke kasir. Huvt. Kenapa ga dari awal aja yaa sekalian bayarnya..

kasirnya juga ga pernah sepi...


Di kasir gue bilang "mbak mau bayar cek bebas narkoba", kata mbaknya tunggu nama dipanggil aja. Lima menit nunggu, namaku dipanggil. Bayar untuk biaya cek urin bebas narkoba Rp 178.000.

Kuitansi udah di tangan, cus lagi ke lantai 5. Ngasih kuitansi, nunggu nama dipanggil, abis itu dikasih wadah urin yg harus diisi setengah, dan form yg harus kita isi dan tanda tangan bahwa kita melakukan tes urin atas kemauan sendiri dan untuk apa.

6. AMBIL SAMPEL URIN
Selesai pipis, ngasih wadah dan form kembali ke lab. Udah deh, selesai urusan.

7. HASIL TES
Hasil tes bebas narkoba dan surat keterangan sehatnya bisa diambil besoknya. Jam 08.00-14.00. Jangan lupa bawa kwitansinyaa...


Oleeee, sekian cerita dari gue yg lagi cuti melahirkan dan punya waktu luang untuk ceritain di blog ini 
Semoga membantu. Salaaamm..

Ais yang lagi cuti melahirkan.


Komentar

  1. Terima kasih untuk informasinya

    BalasHapus
  2. Halo mba untuk sabtu/minggu buka gak yaa Mba? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, ngga buka mbak.. Soalnya pendaftaran hanya ada Senin-Jumat..

      Hapus
  3. Halo kak. Itu buat skbnnya harus pakai fc ktp y? Soalnya saya belum pnya ktp

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya mba Ais, sangat membantu.

    BalasHapus
  5. Tau gak untuk pengambilan apa bisa diwakilkan?

    BalasHapus
  6. Bisa ga ya kalo cuma buat surat keterangan sehat di sana? Ga periksa bebas narkoba?

    BalasHapus
  7. mbak, di RSUD tangsel bisa bikin SK sehat Rohani gak?

    BalasHapus
  8. Kalau tes bebas narkoba tetapi masih belum punya KTP gimana ya? Mohon infonya

    BalasHapus

Posting Komentar