Biaya Melahirkan RSIA Buah Hati Pamulang, Hermina Ciputat, Citra Ananda, Vitalaya

Masuk ke bulan 8 kehamilan (31 minggu) gue semakin galau dan belum bisa memantapkan hati mau lahiran di mana, sama dokter siapa, kelas berapa, daaan lainnya.. 

Jujur aja selama hamil gue udah 4x ganti RS dan udah coba 7 dokter kandungan berbeda + 1 bidan. Ada tempat yang akhirnya udah klop sama dokternya, tapi masuk kategori mahal sesss (RS Hermina Ciputat). Atau RS yang dokternya oke, tapi gak kerja sama dengan surasi gue (RSB Citra Ananda). Ada juga yang RS nya masuk budget, tapi dokternya ga gitu klop (RS Buah Hati Pamulang). Tapi soal dokter2 kandungan yang udah gue coba itu, akan dibahas di postingan lain ya. Sekarang bahas biaya melahirkan dulu yaa.. Salah satu pertimbangan penting yang bikin diriku jadi galau Hehehheuu

Deket2 due date alias HPL, gue udah cek ke dokter spesialis mata dan hasilnya mata gue (yang kanan kiri minus 5 ini) ternyata dalam kondisi bagus dan dibolehkan untuk melahirkan normal. Tapi namanya juga masa depan, meski gue masih optimis gue kuat untuk bersalin normal, gue tetap menghitung2 biaya melahirkan sesar, yang bisa 2 kali lipat lebih mahal dari biaya bersalin normal. Karena ga ada yang tahu proses persalinan apa nantinya yang dijalani sampai pada hari H.

Dan berikut rangkuman biaya melahirkan yang gue himpun sejak awal 2016.

Dimulai dari RS awal sampai RS terakhir tempat gue lahiran ya..



RS BUAH HATI PAMULANG
Pamulang, dekat Villa Dago 

Pasti para pemirsa sedih sama foto pricelist nya. huhuuu maaf ya, dikasih RS nya udah burem gitu fotokopiannya. Plus gue lipet2 dan lupa foto, baru difoto pas mau nulis ini. Maaf ya sodara2. Mangga dizoom sendiri ya sodara sodara.. Oiya ini harganya gue minta di RS sekitar Agustus 2016


Biaya/harga perkiraan melahirkan di RS Buah Hati Pamulang

NOTE:
- biaya paket belum termasuk visit dokter, lab, tambahan obat selain di paket, inkubator, ambulans, transfusi, akte kelahiran dan administrasi YANG KATA PENDAFTARANNYA SEKITAR Rp 2-3 juta.
- Bayi bisa rooming in, tapi di dalam paket sudah termasuk biaya kamar bayi (jadi tetep harus bayar kamar bayinya, meski bayi rooming in)

Ringkasnya (dari kelas paling bawah ke paling atas)
NORMAL 
Kelas III: Rp 3,5 juta
SUPER VIP: Rp 9,5 juta

NORMAL ILA 
Kelas III: Rp 4,6 juta
SUPER VIP: Rp 12 juta

NORMAL VAKUM
Kelas III: Rp 4,2 juta
SUPER VIP: Rp 9,8 juta

SESAR/SECTIO CAESARIA
Kelas III: Rp 9,7 juta
SUPER VIP: 21 juta

Gue belum pernah ngecek bentuk kamarnya seperti apa sih, tapi kurang lebih kebayang dari tampilan foto2 di web http://www.rsiabuahhati.com/kamar-rawat/super-vip 

Di RS Buah Hati Pamulang juga ada salonnya. Jadi kalo abis lahiran bisa pijet2 tjantik. Hehheeuu

Untuk biaya menurut gue ga terlalu mahal, dan enaknya mereka support banyak asuransi. Tapi gue belum yakin sama pelayanannya pas rawat inap kayak apa.. Karena ga lahiran di sini..

NEXT,



RS HERMINA CIPUTAT
Ciputat, dekat kampus UIN Syarif Hidayatullah

Yaaaw siapa yang gak tau RS Hermina. Ini tabel biaya melahirkan di RS Hermina Ciputat yang dipajang di pendaftaran dan gue foto di akhir Juli 2016:


Biaya/harga perkiraan melahirkan di RS Hermina Ciputat
NOTE:
- Yang tertera di tabel adalah BIAYA MINIMAL, bukan perkiraan BIAYA TOTAL
- Kata mbak di pendaftaran, biasanya harga totalnya ditambah sekitar 20-50% dari biaya minimal yang di tabel. Kata Personal Maternity Officer (PMO) nya, berkisar 30% dari biaya di tabel.
- Bayi bisa rooming-in di semua kelas

Ringkasnya (dari kelas paling bawah ke paling atas):
NORMAL (perawatan 3 hari)
Kelas III: mulai dari Rp 6,2 juta
Suite Room: mulai dari Rp 18,7 juta

PERSALINAN ILA (perawatan 4 hari)
Kelas III: mulai dari Rp 7,6 juta
Suite Room: mulai dari Rp 23,2 juta

SESAR/SECTIO CAESARIA (perawatan 5 hari)
Kelas III: mulai dari Rp  13,5 juta
Suite Room: mulai dari Rp 33,8 juta

GILE KAN.. MENURUT GUE SIH TERMASUK CUKUP MAHAL DI WILAYAH CIPUTAT dan PAMULANG.

Tapi di RS Hermina Ciputat ini gue percaya pelayanannya oke. Mulai dari kontrol rutin yang banyak pilihan dokternya (asli, dokter kandungan yang praktik banyak banget di sini. Dan pas kontrol ke dr. Astri, doi juga enak ngejelasinnya, ga buru-buru. Meski TV buat USG nya menurut gue jauh banget dan kecil.

Terus mereka sediain Personal Matternity Officer (PMO) yang mejanya ada di dekat ruangan dokter, bisa nanya nanya berbagai hal di situ. Bahkan bidan PMO nya bisa di whatsapp kalo kita ada apa-apa, atau mau nanya apapun. Asik gak tuh.

Ada kelas senam hamil & nifas, kelas prenatal dan laktasi, kursus pijat bayi dan perawatan bayi (untuk suami istri, dan yang digelar rutin. Dan gue sih udah nyoba senam hamilnya, bidannya oke. Kelas prenatal juga sangat membantu). Dan menurut gue perawat, bidan, dan dokternya ramah ramah. RS nya juga pro ASI.

Nah, bicara soal kamar melahirkan, di RS Hermina Ciputat bisa booking kamar jauh2 hari TANPA DP 1 RUPIAH PUN. Dan enaknya kalo udah booking, dapet kartu previllege yang bisa bikin kita dapet gratis senam hamil 1x, diskon senam hamil selanjutnya 50%, gratis kelas prenatal 1x, gratis senam nifas 1x, gratis kelas laktasi 1x, gratis kursus pijat bayi 2x, dll.

Gue tadinya udah daftar booking kamar melahirkan normal (amin ya Allah) di kelas III. Karena gue pikir pelayanannya meski di kelas III akan sama bagusnya, cuma bedanya satu kamar ada 4 pasien. Tapi dipikir-pikir itu kelas I, II, III ga punya sofa. Cuma temat duduk biasa. Kasian lakik ai atau ibuku kalo nginep nanti. Ga boleh bawa tiker atau temat tidur juga. Jadi nunggunya duduk. Ciyaaan :(

Tapi jangan sedih, kelas kamar itu pas hari H melahirkannya bisa diganti kok. Dan kalo kamar yang kita booking penuh, kita akan dikasih kamar 1 kelas di atasnya gratis sampai kamar kelas yang kita booking ada yang kosong.

Minusnya apa ya di RS Hermina Ciputat...
Ya lumayan mahal itu sih, hahahaa.. Cuma kalo ada rezeki sih gue mending lahiran di sini. Karena kelasnya yang kumplit, susternya ramah2 dan karena banyak dokter cewenya, dan udah dapet satu dokter yang klop.



NEXT,

RSIA CITRA ANANDA
Ciputat, dekat pasar Cimanggis 

Gue sempet kontrol 2x di sini, dan ngambil kertas pricelistnya. Tapi keburu ilang hehee ini dari Twitternya @RSIACitraAnanda aja yaaa.. Pas gue ke RS nya bulan Juli 2016 juga dikasih brosur pricelist seperti gambar di bawah ini..

biaya melahirkan RS Citra Ananda Ciputat

NOTE:
Harga sudah termasuk obat, biaya dokter, dll sesuai paketan standar lahiran. Kecuali ada tambahan penyulit kayak induksi, atau obat lainnya..


sekalian, biaya USG nya di RS Citra Ananda


Plus:
- cukup terjangkau harganya
- bentuk RS nya kayak di rumah gitu hehee.. Homey, sepi, cukup tenang untuk lahiran dan istirahat
- ada dokter yang oke menurut gue (dr Ivander)

Minus:
- Tidak support banyak asuransi. Cuma beberapa asuransi besar. 
- Setauku, pelayanannya belum lengkap. Belum ada NICU dll gitu.. Monggo diupdate lagi nanti ke RSnya..




RSIA VITALAYA
Pondok Benda, Pamulang, dekat perempatan Pamulang 2


Ini RS terakhir dari perjalanan gue mencari RS buat lahiran. Dan akhirnya lahiran di sini karena ada customer catering nyokap yang cerita lahiran di sini mureeee... Monggo dinilai sendiri. Ini pricelist lahiran di RSIA Vitalaya yang gue foto akhir September 2016.






Cukup jelas kan ya gambarnya? Dan cukup simpel kelas2nya dan pilihannya. Nda usah kuringkas lagi yaa hehehee.. Intinya harga melahirkan normal dengam bidan VS dengan dokter, itu beda 500 ribu - 1juta. Tapi kalo sesar, udah pasti sama dokter..

NOTE: 
Perkiraan biaya melahirkan di RSIA Vitalaya ini sudah termasuk semua, biaya dokter, obat dll sesuai standar lahiran. Bahkan termasuk massage badan + totok wajah 1x di RS. Kalo itungannya lahiran normal, kata kasirnya sih 2 hari 1 malam di harga paket itu.

Saya akhirnya lahiran normal dengan bidan + induksi di Vitalaya. Pengalaman lahiran di Vitalaya akan dibahas di postingan ini yaa..

Tapi pas saya induksi (ngabisin 2 pil), nginep di RS 3 hari 2 malam kelas Rubby A (VIP), lahiran sama bidan, saya abis Rp 5,8 juta (normalnya kalau di tabel atas, itu 4,5 - 5 juta). Berarti saya ada tambahan Rp 800 ribu dari pricelist untuk biaya induksi 2 pil, dan nginep 1 malam tambahan (karena normalnya cuma semalam, saya nginep 2 malam).


Plus:
- HARGA TERJANGKAU
- RS nya ga terlalu rame, jadi tenang untuk lahiran dan istirahat
- Perawatnya ramah2 dan enak diajak ngobrol semuaa, walaupun sepengalaman gue kadang ada yang missed ga tersampaikan pas mereka ganti shift.
- Ada salon Vitalaya di sebelah RS, tapi sesuai paket, kita dapet jatah massage + totok wajah 1x di dalem RS (jadi gausah capek2 jalan ke sebelah)
- Kamarnya bagus, meski shower di kelas VIP gue not working, dan jamnya juga mati (udah minta perawatnya ganti batere jam dinding selama 3 hari gue di sana, tapi ga diganti2 juga)

Minus:
- Perawatnya cukup dikit sih menurut gue, jadi kadang kita mencet bel sekali belum tentu dateng susternya.
- Mungkin karena orangnya cenderung dikit, suka missed gitu. Misalnya, buku kontrol gue ga dikasih balik pas check out pulang lahiran. Padahal kan di situ banyak foto2 hasil usg huhuhuu.. untung ketemu lagi pas kontrol seminggu abis lahiran. Dan pas check out juga, KTP sama kartu asuransi gue masa ga dibalikin? Asli ini skip banget mbak kasirnya. Sampe besoknya laki gue balik kesana lagi buat ambil. Gue yg abis lahiran untung tetep inget bahwa KTP gue belom balik.
- tiap kontrol/lahiran, ga pernah dikasih kuitansi lengkap biaya dokter & obat
- obat sering ga tersedia. Pas saya ke dokter anak, selalu aja ada obat yang ditebus di luar
- parkiran sempit
- dokter kadang ngaret (yah, dokter juga manusia ya)

Dah gitu.
Sekian rangkuman dan review biaya melahirkan di RSIA Pamulang dan Ciputat. Semoga membantu.. dan semoga lancar2  kandungan & lahirannya ya buibu :)

Salam, 
SonAis

Komentar

  1. hai mbaaa, baru nemu postingan ini. kebetulan lagi galau mau lahiran di mana juga buat anak kedua ini. anak pertama aku lahir di buah hati pamulang. kalau boleh ikutan share, tempatnya juga enak, waktu itu lumayan lah (4 tahun lalu) aku sectio, nambah ekstra 2 hari dari paket dan induksi bejibun, kenanya 11 jutaan (dari harga paket untuk sectio kelas 1 yang normalnya 8 jutaan). dokternya udah cocok dr ismail sih, tapi ini lagi considering buat nyari yang bisa bpjs. sempet mikir hermina ciputat juga tapi mehong yaaaa huhuhuhu... coba aku baca postingan mba yang vitalaya ya. nampaknya menyenangkan juga. mamaci mbaaaa

    BalasHapus
  2. Hai mba..waaah semoga sehat terus dan lancar ya lahirannya... btw kalo blh kepo dulu kenapa akhirnya sectio mba? Aku sempet takut di buah hati karena itu.. dokter ismailnya kok kayak ga dukung2 amat untuk normal *apa aku yang curigaan ya* hehheheeuu.. iya hermina ampun deh mahalnya.. kelas 3 di hermina mungkin bisa dapet VVVVVIP di Vitalaya 😂

    BalasHapus
  3. Hallo mba.. aku lagi hamil juga nih, sudah masuk bulan ke enam tapi belum fix mau lahiran dimana. Lihat vitalaya kayaknya lumayan ya.. disana bisa bpjs ga ya? Hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba. Waaah selamat. Iyaya Vitalaya sangat menggoda dengan harga segitu 😂
      Tapi update bulan Agustus lalu, tetanggaku kontrol ke vitalaya, dia bilang belum bisa BPJS mba. Sayang yaa.. semoga lancar sampe lahiran mba sari

      Hapus
  4. Assalamu'alaykum.. Mba AisKhairun, aku baru sebulan ini pindah kontrol ke RS Vitalaya. Berdasarkan tulisan pengalaman Mba, bener ternyata RSnya nyaman n dr Imelda pun cukup ramah. Makasih ya dr tulisan mba, aku jd terbantu utk cari info ttg RS ini. Rencana mau lahiran disini juga. Insyaa Allah ini lahiran anak ke3. Anak ke1&ke2 secar. Jadi kemungkinan anak ke3 ini jg siap2 akan secar. Udah minta pricelist lahiran juga, tapi kmrn pas tanya2 ke bag resepsionis & kasir, estimasi penambahan biayanya berapa dr pricelist, belum dpt jawaban yg jelas.
    Kalo pengalaman mba Ais, kmrn pas lahiran total biayanya jadi nambah brp persen kira2 dr pricelist yg ada mba?
    Oiya hpl ku in sya Allah Desember. Semoga mba Ais ada waktu sempat jawab sebelum aku lahiran ya.. makasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mbak sirly, alhamdulillah kalo tulisanku bermanfaat dan bisa membantu mommy. Semoga lancar ya mba sampai lahiran. Di postinganku yang sebelah (jadwal dokter vitalaya) ada juga yang bilang dr. Samad rekomen. Hehhee tapi beliau cowok sih.

      Kalo pengalamanku, pas lahiran normal dengan bidan + induksi 2 pil + nambah nginep 1 malam, aku dapat tambahan biaya Rp 800 ribu di atas harga pricelist.
      Aku abis Rp 5,8 juta (di pricelist 4,5 - 5 juta).

      Hapus
    2. Kalau perkiraanku, kalau mbak sesar/normal lancar tanpa ada tambahan apa2 (dan semoga ngga) kupikir akan sama kayak pricelist mbak. Hehee (aamiin)

      Hapus
  5. Wah semeng bgt bs nemuin blog ini sangat membantu sekali. Kayakna setelah baca2 ini, jd lbh interest ke rsia buah hati pamulang dan vitalaya deh.. bole kasih referensi ga utk dokter yg bagus d kedua rs tsb? Kalo ada sih cewek, hehehe...
    Oia perkiraan Hpl desember, smg ada yg bisa segera kasih referensi dokternya buat saya sblm hpl tiba y, hehehe.. trima ksh sblmya udh mau berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak Mama G, aku seneng kalo infonya bisa bermanfaat.
      Kalo berdasarkan pengalamanku
      RS Buah Hari Pamulang: dr E. Rohati & dr. Ismail
      RS Vitalaya: dr. Imelda & dr. Samad (nama dokter Samad ini muncul 2x di kolom komentar blog-ku, katanya beliau pro-normal dan pro asi).

      Semoga membantu dan lahirannya bisa lancar ya mom

      Hapus
  6. Assalamualaikum mba..
    Postingan ya membantu sekali, karena aku baru pindah ke daerah ciputat dan lagi hamil anak ke-2, jd ga tau RS mana yg bagus, dokter mana yg komunikasinya. Kayaknya vitalaya boleh jg nih. Kalo bs info, dokter obgyn yg rekomen disini siapa ya? Aku prefer nya sih cowok, karena bbrapa kali punya pengalaman ga enak sm obgyn cewe �� jadi agak kapok.. thanks sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Cindy, maaf aku baru bales komennya. Karena ternyata nyangkut di spam.

      Alhamdulillah kalo postinganku bisa membantu. Kalo dari pengalamanku dan ibu2 yang komen di blog aku, ada beberapa dokter cowok yang rekomen:

      RSIA Vitalaya: dr. Samad
      RS Buah Hati Pamulang: dr. Muchlis & dr Ismail
      RS Citra Ananda Ciputat: dr. Ivander

      Semoga membantu dan sehat terus sampe lahiran :)

      Hapus
  7. Assalamu'alaykum mba ais..
    Kalo di rsia vitalaya mau ga yah terima pasien yang ga pernah kontrol kehamilan disana?aku liat postingan mba jadi tertarik di vitalaya, krn deket rumah dan murah hehe..aku udh deket bgt sama due date nya niih..doakan yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mbak desy..
      Terima kok mbak. Aku juga baru kontrol di sana lima hari sebelum lahiran hihi..
      Pengalamanku melahirkan bisa dicek di sini:
      http://aiskhairun.blogspot.co.id/2016/12/pengalaman-melahirkan-normal-induksi.html

      Jadwal dokter Vitalaya di sini:
      http://aiskhairun.blogspot.co.id/2016/10/jadwal-dokter-bidan-rsia-vitalaya.html

      Salam :)

      Hapus
  8. Mbak minus 5 masih boleh normal ya? Periksa mata nya dmna mbak? Saya minus 8.5 boleh g ya normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pas hamil 35 mingguan udah cek ke dokter mata mba, katanya retinanya oke buat lahiran normal. Jadi aku kekeuh buat normal karena dokter mata udah bilang gpp..
      Aku periksa mata di Hermina Ciputat, sekitar 350-400ribuan kalo ga salah. Padahal cuma ditetesin sesuatu mata kita, terus diliat pake alat gitu. Tapi dokternya mah sebenernya bisa dimana aja mba yang ada dokter spesialis mata. Gituu.. Semoga retina mbak isnaini oke dan bisa lahiran normal.. :D

      Hapus

Posting Komentar