Kontrol Kandungan di RSIA Citra Ananda Ciputat (Update 2018)

Mostly selama kehamilan gue memang kontrol ke dr. E. Rohati dan sejak awal udah mantep mau lahiran sama doi juga di RS Buah Hati Pamulang.. (meski akhirnya gajadi juga).

Gue akhirnya memutuskan coba2 dokter dan RS baru yang mungkin lebih oke. Lakik gue sampe bilang, asli aku bingung kenapa kamu di tengah2 gini kepikiran pindah. Hahhaa aku kan mau yang the best buat my baby. Jadi apa salahnya ga nyoba yang lain?

Niat pindah ini dimulai ketika gue denger cerita temen gue yang istrinya kontrol di Kemang Medical Center, itu katanya USG nya bisa 30 menit sendiri. Terus diliatin detail setiap organnya. Kan seru yaa dijelasin sambil liat si debay terusss. Ngintip muka & bentuknya itu kayak one of the best moment yang gue tunggu2 setiap bulan. Abis itu gue suka play lagi video/foto USGnya di HP kalo lagi kangen.. hihi

Jadi karena gue merasa durasi USG & tanya jawab di dr. Rohati cepet ngebut banget, gue coba cari dokter yang USG nya lebih detail lagi.

Setelah baca2 di blog ibuk2 kece lainnya, gue akhirnya mendarat ke...

RSB Citra Ananda Ciputat (sekarang namanya jadi RSIA Citra Ananda)
Ini jadwal dokternya:

Jadwal dokter RSIA Citra Ananda Ciputat, update Februari 2018




24 weeks - 6 bulan
Milih ke RS ini karena:
- sebenernya karena lumayan deket dari rumah
- ini RS stau grup sama RS Bunda Jakarta & Bunda Margonda. Yang menurut gue KECE
- dan biaya kontrolnya cukup terjangkau
- biaya lahirannya pun terjangkau


Ini dia penampakan front officenya



Di sana gue kontrol sama dr. Ivander Utama. Karena memang pas banget libur hari Sabtu. Dan dr. Ivander praktik sabtu sore dari jam 16.00. Dan gue udah kepo instagramnya doi juga sih. Seru. Banyak video baby yang pernah di USG sama dr. Ivander. Banyak ilmu yang dibagi juga di IG. Dan bonusnya adalah: doi muda dan ganteng.

Gue dan misua dateng jam 16.30, dan antriannya udah lumayan rame. Gue dapet nomer 6. Dan baru masuk ke ruangan kontrol setelah azan magrib (jam 18.00an). Di RSB Citra Ananda ini, emang antriannya per kedatangan. Ga bisa by phone gitu. Jadi next kudu dateng lebih cepat. Kalo bisa sebelum jam 4 sore heheheu. Soalnya pas diitung2 satu bumil bisa kontrol sampe 30 menit sm dr. Ivander.

Tapi bener loh pas gue kontrol, dr. Ivander ini USG nya detail. Meski USG 2D. Diliatin mulai dari kepalanya, otaknya, otak kecilnya gimana, aliran darah di otaknya yang diliatin dengan warna biru dan merah. Terus ke muka. Diintipin 4D nya juga lagi padahal akika ga minta. Lumayaaan bisa liat muka babyku meski bentar. Soalnya intipan USG 4D sebelumnya (yang singkat juga), mukanya belum keliatan jelas.
Muka kamu sekarang sudah berbentuk nak. Semoga Tuhan memperindah parasmu yaa sayang dan semoga kamu punya wajah yang murah senyum, gak kayak ibunya yang mukanya galakkk :))

Terus kebetulan di 24 weeks ini, si dedek pas di USG lagi ngadep depan. Jadi keliatan kelaminnya. Dokternya langsung bilang "Ini cewek yaa.."
Hah?? Serius dokk??
Gue sama lakik gue yang pertama kali dikasih tau kelamin si jabang baby langsung penasaran. Liatnya darimana dok?

"Ini belahan vaginanya"

Ohiya... waaaaw. Terus gue yakinin dengan nanya lagi:
"Kalo gitu udah pasti cewe dok? Atau masih bisa berubah lagi? Eh maksudnya, atau mungkin ada yang belum keliatan di kelaminnya gitu..."

Terus dengan optimisme tinggi dr. Ivander bilang "kalo di Citra Ananda 90% perkirannya bener bu".

Whahahahaaaa gue sama lakik gue senyam senyum aja. Soalnya mertua gue pengen banget punya cucu cewe lagi. Secara anak mertua cowo semua.. Ya Allah pokoknya apapun jenis kelaminnya kami terima dengan lapang dada. Mau cewek mau cowok.. (namanya juga anak pertama) hehehheeu

Tapi mitos dari temen2 sih, kalo pas di USG cowo, berati udah pasti cowo. Kalo di USG cewe, bisa jadi pas lahir cowo. Gitu. Lah yoweslah gue istiqomah aja, doanya masih semoga soleh/solehah, semoga cantik/ganteng.. gitu.. Belum yakin emaknya. Heheheu Ya kan sesuatu yang ghoib hanya Tuhan yang tau pastinya. ​​

Dan kagetnya adalah..pas awal gue buka perut buat di USG, dr. Ivander langsung nanya "sorry yaa.. ini kondisi udel bodong kamu udah berapa lama?"
"Dari 1 bulan lalu dok. Emangnya ada apa dok?"
"Hmm. Saya takutnya ini hernia. Bukan bodong biasa.."

Haaahh? Apa pula itu hernia. Gue yang dari awal merasa kehamilan gue tanpa keluhan, langsung kaget sekagetkagetnya. Kesimpulan dr. Ivander pas pertama kontrol itu, ibu dfn hernia masih bisa normal, tapi karena kemungkinan hernia ini, lebih aman kalau kamu sesar. Karena kalo normal, dengan tekanan ngeden yang super gede, bisa jadi pas usunya turun (after si baby keluar), usus bisa kejepit di udel. Dan itu repot urusannya, harus operasi dll.

Woh. Oke.
Ini bulan lalu padahal gue udah sebodong ini. Udah kurang lebih 1,5 - 2 sentimeter pop up nya udel gue. Tapi kok dr. E Rohati ga mewanti2 itu ya? Soal hernia itu.. Apa karena ini wajar terjadi di ibu2 hamil? Entahlah. Tapi gue berterima kasih juga karena gue jadi tahu ada kemungkinan hernia itu.




Hasil kontrol, gue dikasih buku baru (yang ternyata bayar), sama foto baby yang dicetak (padahal gue ga diminta cetakin), tapi emang paketnya gitu di sini. Kontrol USG 2D udah sekalian dicetakin.

Total biaya kontrol di RSB Citra Ananda:
Biaya dokter + USG + vitamin (gue dikasih 3 macem 30 butir: kalsium, osfit DHA, zinc): 490 ribu

Zinc ini buat penambah ruang ASI pas nanti menyusui katanya..

Dan karena gue belum pernah cek darah, gue nanya lah perlu gak, dokter bilang perlu. Akhirnya dikasih surat pengantar ke lab untuk cek 8 macem tes darah & urin. Gue tanya ke pendaftaran berapaan ya? Katanya sekitar 800 ribuan. Wah PR juga (padahal gue tau ini lumayan murah dibanding cek lab di RS lain). Akhirnya gue malah bolos kantor demi bisa cek darah di tempat lebih murah (Puskesmas Tapos), demi menghemat. Yang taunya pas diitung2 hampir sama 😂 karena di Puskesmas ga lengkap.

Btw dari hasil lab ada leukosit di urin gue, artinya kemungkinan infeksi saluran kencing. Karena gue suka nahan pipis. Ya juga sih, gue di kantor paling pipis 4x karena sok sibuk huhuu.. padahal ibu hamil biasanya pipis terus. Temen kantor gue ada yang setengah jam - 1 jam sekali. Lah gue?

Akhirnya dikasih antibiotik yang katanya aman buat ibu hamil. Dan gue minum deh sampe abis itu tablet. Meski deg2an. Ngefek ke baby ga ya? Semoga ngga..
---

Next month, 28 weeks - 7 bulan - halo 3rd trimester

Gue kontrol lagi lah ke dr. Ivander (ketagihan) hehehe. Gue dengan gercepnya dateng sebelum jam praktik sang dokter. Jam 15.30 gue udah sampe RS dan langsung daftar ke tempat pendaftaran. Dan belum ada pasien lain. Tapi sang dokter udah dateng dong, rajin yak. Dan sempet senyum pas liat kita duduk di ruang tunggu. Duh dok.. 😆😻

Terus bener deh kita masuk pertama, USG dan diintipin 4D juga.. anak ibuk masih sungsang. USG nya tetep lama, abis itu tanya jawab sesuka kita, dokter ivander kemudian jelasin lagi soal kemungkinan hernia itu. Dan bahayanya kalo gue normal, dan opsi lain kalo ga normal (ya sesar). Tapi doi menekankan: "Saya bukannya minta kamu sesar ya. Tapi tugas saya hanya jelasin ilmunya, kemungkinan bahayanya, pasien sendiri yang memilih".

Gue tanya "Dokter pernah ga megang pasien kayak saya yang udelnya bodong karena kemungkinan hernia? Bisa normal ga? "

Dan jawabannya sih mengarah ke belum pernah megang 

Wise sih. Terus kami pulang, dan lakik gue akhirnya mikir ini dokter teori banget ya. Rajin baca sih, bahkan kami diliatin hasil penelitian bahasa inggris soal hubungan konsumsi makanan manis dan kalori berlebih pada bayi dan keturunannya. Tapi kami sepakat, pengalamannya ga begitu meyakinkan kita. Plus soal hernia ini menakutiku. (yang kemungkinan mah bukan hernia, emang gue dari lahir ternyata kata nyokap emang bodong, sempet masuk karena dikasih koin pas bayi, eh dan pas hamil bodong lagi).

Dan lebih lagi RSB Citra Ananda belum support asuransi gue. Admedika/Mega Health. Baru support beberapa asuransi besar. Terakhir nanya pendaftaran, bilangnya "lagi proses, karena RS baru juga.." gitu katanya..

UPDATE 2018: Sudah support beberapa asuransi besar.. Termasuk asuransi2 yang bekerja sama dengan AdMedika..



Yasudahlah, daripada gue abis brojol bolak balik ke Tendean untuk rembes2 kuitansi ke kantor, mending cari yang support asuransi. 

Gituhh..

Jadi total ke Citra Ananda cuma 2 kali. Pengennya USG 4D pas udah masuk 35 weeks. Karena baca review2, USG 4D sama dr Ivander paling enak dan TERJANGKAUU. Paketan di RS nya udah sama CD + Print + USG 4D 1 jam = Rp 520 ribu saja. Di saat RS2 lain udah sampe 1 jutaan lebih. 

Tapu gajadi karena ga pernah dapet jadwal yang pas sama dokter. Pihak RS juga bilang utk 4D ga ada dokter lain yang sedetail dr Ivander. (Update 2018: BISA USG 4D DI SEMUA DOKTER KANDUNGAN).

Dan dulu karena gue pas usia 35 weeksan udah kontrol ke RS Buah Hati lagi, terus dr Ismail bilang si debay udah masuk panggul jadi susah untuk diintip mukanya. Katanya gitu. AKHIRNYA GAJADI DEH USG 4D. huhuhuuu

Padahal pengen bgt punya CD video dedek di dalem peyut. Biar nanti pas udah gede dia liat sendiri. Senyum2 sendiri. Amaze sendiri. Heheehee

Btw ini tarif USG dan melahirkan di RS Citra Ananda Ciputat (update Juli 2016)

Biaya lahiran RSIA Citra Ananda Ciputat, ini gak update (info 2017)


Biaya lahiran RSIA Citra Ananda Ciputat, update Februari 2018



Oke sekian postingan soal Citra Ananda. See you di RS berikutnya. 

Oktober 2016,
Habis lahiran 10 hari. Mulai punya waktu luang buat update blog.
Hehee

Salam manis dari kamiii,
SonAis



Komentar

  1. Salam kenal,, saya suka atas informasi yang diberikan.. Jelas dan mudah dipahami.. Oiya mb, akhirnya lahiran di RS Buah Hati mana? Normal kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Alhamdulillah kalo infonya bermanfaat 😃

      Akhirnya saya lahiran normal + induksi di RSIA Vitalaya mba.. ceritanya ada di postingan2 blog selanjutnya

      Hapus
  2. Mbak mau tny donk kl di dr ivander mksdny paket usg tu yg medium 300rbuan apaan ya? Itu beda lg sm kl kita konsul biasa atau gmn? Ohya kl konsul biasa boleh ngerekam ga pas lg di usg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, maaf baru balas, karena komen mas/mba malah masuk spam comment. Yang paket USG Itu sudah termasuk biaya dokter. Kalo konsul biasa, kayaknya ga boleh ngerekam deh, kecuali kita/suami rekam di tv-nya pake hp sendiri. Soalnya kalo perekaman USG 4D itu takes time lumayan lama, katanya bs smp 1 jam sama konsul. Makannya Citra Ananda bilang kalau mau perekaman USG 4D sebaiknya janjian sama jadwal dokternya dulu. Jadi kalo konsul biasa, kayaknya ga boleh rekam untuk jadi CD.

      Hapus
  3. Saya juga hari ini periksa di RS Citra Ananda dengan dokter Ivander karena di perjalanan saya tiba2 menggigil hebat dan memang sebelumnya badan saya meriang. Karena suami khawatir dengan kondisi saya dan bayi, maka saya langsung dilarikan ke RS terdekat. Dokter ini menyuruh saya berhenti menggigil kalau tidak saya akan DISUNTIK OBAT PENENANG. Hellow, saya menggigil bukan orang stress. Lalu saya diceritakan hal2 yg membuat saya takut, obat yg saya konsumsi yaitu folamil genio jangan dikonsumsi lagi karena bisa membuat bayi cacat. What???!!!! Kalau iya kenapa obat tersebut masih dianjurkan oleh 3 dokter di 3 RS berbeda, karena saya sempat kontrol di RS Sari Asih, RS Buah Hati dan RS Siloam. Dan jika iya kenapa obat tersebut masih diproduksi dengan aman untuk ibu hamil?? Dan saya tidak mau kembali lagi dengan dokter ini, karena banyak memberikan kata2 negatif dan membuat ibu hamil khawatir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mom, thank you for sharing.
      Waduh kok rada ngeri ya mau dikasih obat penenang..
      Semoga cepet sehaattt mom, dan lancar lahirannya nanti :)

      Hapus
    2. Masuk ke blog Karen baru2 ini ke dr. Ivander.. Aku pun alami hal sama. Dokternya terlalu ceplas ceplos negatif semua infonya. seakan kita kurang ilmu banget. Dan semua dibilang salah sama dia. Tambah stress ke dokter ini. Ibu2 muda anak pertama apalagi lebih baik Sekalian cek fetomaternal biar tenang. Hehehe.. Kaya mimpi buruk ketemu beliau.

      Hapus
  4. Kak mau tanya dicitra ananda sedang membutuhkan asisten apoteker tidak ya ? Lulusan s1. Trims

    BalasHapus
  5. Wah semakin ngeri ya mau coba konsuo sm drr. Ivander 😐

    BalasHapus
  6. Aku hari ini konsul dan dibilang kepala bayiku kecil sampai ada kata2 mengidap Microcephalus. Aku diperiksa bukan di bed yang terlentang tapi di bed yg periksa dalam gitu yg harus ngangkang tp karena aku hamil besar posisiku jadi setengah duduk..
    Kata2 dokternya bikin kaya kesambar petir di siang bolong. Aku shock dan jadi insecure sma kehamilanku sendiri padahal awalnya baik2 aja kondisi janinku... sedih ga si bund kalau di afirmasi negatif sama dokter ;(

    BalasHapus

Posting Komentar